Mengatasi Busi Motor Yang Gosong

Selamat siang pengendara roda dua.. Jumpa lagi dengan penulis yang kali ini membahas tentang Busi/Spark Plug yang gosong


Sebagian besar motor pernah merasakan busi yang gosong ketika setelah digunakan untuk jarak jauh maupun jarak dekat

Biasanya, hal seperti ini lebih sering dirasakan bagi pengguna sepeda motor lama yang suplai bahan bakarnya masih menggunakan karburator dan belum menggunakan teknologi injeksi.

Hal semacam ini bisa disebabkan karena suplai bahan bakar terlalu besar sedangkan pengapian terlalu kecil. Atau bisa disebut terlalu boros bahan bakar. Kendala yang akan dirasakan mulai dari bahan bakar boros, tenaga menjadi kurang, sering mati mendadak (akibat busi basah), atau bisa juga suara mesin tersendat ketika gas besar.

Sebenarnya mangatasi hal semacam ini termasuk gampang-gampang susah untuk dilakukan, pasalnya membuat bahan bakar menjadi lebih irit agar tidak mengalami kendala seperti diatas tidak selalu bisa sekali coba, kadang bisa sampai 3x percobaan. Tergantung seberapa besar kendala motor terlalu boros.

Kendala seperti ini bisa diatasi dengan membersihkan busi yang gosong menggunakan kain dan  membongkar karburator motor, pada bagian pelampung(didalam karburator bagian bawah) biasanya terdapat 2-3 jarum yang tengahnya berlubang (tergantung karburator motor apa) bermaterial kuningan murni.

Lubang tengah kuningan (kuningan yang besar/spuyer) diatas bisa diberi 1 helai tembaga dari kabel serabut, apabila dirasa masih kurang irit maka bisa juga diberi 2 atau 3 helai, tergantung seberapa boros karburator dalam memyuplai bahan bakar.

Setelah itu pasang kembali rangkaian karburator dan coba digeber apakah masih ada suara yang tersendat ketika gas belum sampai penuh atau tidak ada, percobaan paling jelas itu motor dipakai seperti biasa dan setelah jarak 3-5 hari cek lagi keadaan busi, apakah masih gosong atau tidak.

Jika masih gosong maka motor masih terlalu boros bahan bakar. 

Tapi jika setelah diberi tembaga kabel serabut malah suara gas jadi telat/ motor tidak mau jalan ketika digunakan, itu bisa terjadi karena terlalu banyak tembaga yang menghambat proses suplai bahan bakar dari karburator kedalam mesin.

Intinya, jangan hanya 1x mencoba membuat irit karburator, cobalah 2-3kali..

Oke mungkin sekian dulu pertemuan kali ini.. Sampai jumpa
Salam penulis

0 Response to "Mengatasi Busi Motor Yang Gosong"