Perbedaan, Keunggulan, Kelemahan DOHC dan SOHC

Oke selamat sore.. kali ini saya akan menunjukkan apa perbedaan dan sekalian kelebihan dan kekurangan antara mesin yang berteknologi SOHC dan DOHC ..

Mungkin para pembaca pernah melihat tulisan-tulisan ataupun sticker "DOHC" di berbagai body ataupun mesin sepeda motor tahun 2005 keatas..

Bagi yang belum paham tentang mesin berteknologi SOHC dan DOHC.. Santai saja.. Disini akan saya jelaskan bagaimana cara kerja? Apa keunggulan? Dan apa kelemahan antara mesin DOHC dan SOHC ini..

Baiklah.. simak informasi berikut.. check this out..

1. SOHC (Single Over Head Camshaft)
        Mesin sepeda motor ini terdiri dari 1 set piston (piston+ring piston) dan ada 4 valve atau klep diatas 1 piston tersebut.. kemudian.. yang dimaksud dengan SINGLE dalam singkatan SOHC tersebut adalah penggerak valve atau klep yang sering disebut dan dinamakan "NOKEN AS" dalam bahasa kerennya CAMSHAFT.. Jadi, 4 valve atau klep ini digerakkan oleh 1 unit camshaft atau sering disebut noken as..

2. DOHC (Double Over Head Camshaft)
        Nah sedangkan DOHC sendiri tidak beda jauh dari SOHC. SOHC 4 valve degerakkan dengan 1 camshaft, sedangkan DOHC itu sama-sama 4 valve dan 1 piston, tapi.......... Camshaft atau Noken as atau penggerak valve ada 2 unit.. Dengan kata lain, 1 unit camshaft itu hanya menggerakkan 2 valve..

Kurang lebih seperti itulah penjelasan tentang perbedaan mesin berteknologi SOHC dan DOHC, selanjutnya akan saya jelaskan tentang keunggulan dan kelemahan dari DOHC dan SOHC.

1.1 Keunggulan mesin SOHC
     a. Suara mesin lebih halus
     b. Bahan bakar lebih irit
     c. Perawatan lebih irit
1.2 Kekurangan mesin SOHC
     a. Tenaga kurang maksimal
     b. Bahan bakar kurang

2.1 Keunggulan mesin DOHC
     a. Tenaga lebih maksimal
     b. Asupan bahan bakar melimpah
2.2 Kekurangan mesin DOHC
     a. Mesin berbunyi kasar
     b. Bahan bakar boros
     c. Perawatan lebih mahal dari SOHC

Oke itulah yang bisa saya jelaskan tentang perbedaan teknologi mesin SOHC dan DOHC pada sepeda motor .. kalau pembaca ada yang mau menambahkan.. boleh kok silakan dikoment..

Sekian dulu informasi dari saya.. terimakasih.. salam roda dua..

0 Response to "Perbedaan, Keunggulan, Kelemahan DOHC dan SOHC"