Tak
bisa dipungkiri bahwa semua buatan manusia itu pasti ada kekurangan dan
akan ada kerusakan tertentu, kali ini tentang motor injeksi yang mogok,
ada tips dan cara tesindiri nih dari penulis yang bisa anda praktekkan
di motor injeksi.
Oke langsung
saja, sebenarnya ada banyak masalah yang akan dihadapi pemilik motor
injeksi, maksudnya, bukan hanya dari satu masalah/barang yang
menyebabkan motor injeksi anda mogok.
Mogoknya
motor injeksi bisa disebabkan karena beberapa sebab, contohnya
pengapian, suplai bahan bakar, ataupun bisa jadi karena kerusakan bagian
mesin tertentu seperti bagian sensor misalnya, motor injeksi terdiri
dari beberapa sensor, ada sensor kemiringan motor, sensor air radiator,
sensor panas mesin, sensor injeksi dan masih banyak lagi.
Oke untuk kali ini saya akan memberi informasi tentang motor injeksi yang mogok disebabkan injektor dan fuel pump pada tanki..
Untuk
permasalahan injektor, terkadang karena filter jarang dibersihkan
sehingga kotoran akan masuk melalui throtol (pengganti karburator)
kemudian kotoran berhenti pada saluran injektor. Sehingga lubang
penyemprotan injektor menjadi mampet, atau bahkan injektor tidak bisa
menyuplai bahan bakar menuju piston.
Atau
bisa juga injektor mampet disebabkan oleh kotoran dari fuel pump yang
ada pada tank.. maka dari itu fuel pump sangat mempengaruhi penyemprotan
injektor.
Untuk membersihkan
fuel pump ataupun injektor bisa menggunakan Carb&Injector Cleaner
yang biasa dijual di toko-toko sparepart sepeda motor.. penggunaanya
mudah kok, jadi bisalah kalau mau membersihkan sendiri tanpa dibawa ke
bengkel. Namun jangan sampai ada barang yang tertinggal (belum
terpasang).
Pembersihan fuel pump
pada intinya hanya pada pipa yang menuju ke saringan dan saringan yang
terdapat kapas didalamnya, biasanya berwarna orange atau bahkan semu
cokelat karena kotor. Bersihkan saringan fuel pump menggunakan
carb&injector cleaner hingga kapas terlihat putih bersih. Semakin
putih maka hasil juga semakin maksimal. Jamgan lupa semprot saringan
yang telah dibasahi menggunakan carb&injector cleaner dengan angin
yang bertekanan tinggi seperti dari kompressor angin. Setelah disemprot
menggunakan angin, basahi lagi saringan menggunakan cairan
carb&injector cleaner, lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga
kapas terlihat putih bersih.
Untuk
pembersihan injector juga sama menggunakan cairan carb&injector
cleaner dan jangan lupa semprot menggunakan angin bertekanan tinggi.
Setelah dirasa pembersihan injector cukup, jangan dipasang terlebih
dahulu, bisa dicoba untuk menghidupkan kontak dan dicoba pencet tombol
start.. untuk mesin injeksi mio dan sejenisnya , memencet tombol injeksi
bisa menyebabkan injector menyemprotkan bahan bakar.. Apabila
pengeluaran bahan bakar melimpah tiada lubang yang macet maka injector
telah selesai dibersihkan.
Setelah itu pasang kenbali komponen yang tadinya sudah dilepaskan.
Sekian informasi dan tips ini.. Selamat mencoba..
Salam dari penulis.
Jangan lupa cek artikel lain seputar Kendaraan roda Dua :
Merawat Busi Motor Agar Awet dan Pembakaran Sempurna
Cara Meningkatkan Kecepatan Honda Beat Tanpa Tune Up
Mengatasi Busi Motor Yang Gosong
Perbedaan, Keunggulan, Kelemahan DOHC dan SOHC
Perawatan Motor Injeksi
Jangan lupa cek artikel lain seputar Kendaraan roda Dua :
Merawat Busi Motor Agar Awet dan Pembakaran Sempurna
Cara Meningkatkan Kecepatan Honda Beat Tanpa Tune Up
Mengatasi Busi Motor Yang Gosong
Perbedaan, Keunggulan, Kelemahan DOHC dan SOHC
Perawatan Motor Injeksi
0 Response to " Mengatasi Motor Injeksi Yang Mogok"