Motor Matic Anda Mogok? Ini Penyebab Dan Solusinya

Halo jumpa lagi dengan penulis yang kemarin posting tentang Perbedaan, Keunggulan, Kelemahan Mesin SOHC dan DOHC . Kali ini penulis akan menjelaskan tentang motor matic yang tiba-tiba mogok.

Ada banyak sekali masalah yang bisa didapat pemilik motor matic dalam urusan mogok dijalan, tapi yang paling sering bisa terjadi pada bagian pengapian di Spark Plug/Busi yang mati atau bisa juga karena setingan klep/valve terlalu kencang.

Ada beberapa kasus dari macam-macam jenis dan merk motor matic yang sering mogok dijalan. Contoh motor MIO lama (karburator), jenis motor ini sering mogok dalam permasalahan setting klep/valve. Ini bisa diatasi dengan menyetting ulang klep/valve agar dibuat lebih longgar, entah itu klep/valve intake maupun out(Knalpot).

Sekedar pengalaman dari penulis, motor matic biasanya bisa mogok karena daya listrik dari accu/Aki kurang, ini bisa terjadi karena Accu/aki kekurangan daya listrik dan bisa juga karena Accu/Aki tersebut sudah soak. Kalau permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan mencharge Accu/Aki menggunakan adaptor khusus untuk setrum Accu/Aki yang banyak terdapat di bengkel-bengkel motor.

Dan apabila Accu/Aki sudah di charge tapi selang beberapa hari motor matic mogok lagi, ini bisa karena kinerja kiprok dari motor tersebut sudah tidak berfungsi normal.

Ada juga masalah motor matic mogok yang dialami pemilik motor BeAT dan Vario, motor ini biasanya mogok karena pengapian, yang lebih spesifik lagi pengapian pada busi/Spark Plug. Bisa disebabkan pembakaran kotor pada silinder head, dan bisa juga kompresi mesin kurang. Masalah ini bisa diatasi dengan melumasi busi menggunakan oli mesin yang bersih (bukan oli bekas). cukup celupkan ujung bawah busi tempat keluar listrik kedalam oli yang bersih kemudian pasang kembali busi dengan kencang. Selamat mencoba.

Sedangkan untuk motor mogok yang sudah berteknoligi injeksi ada penyebab lainnya, silakan cek disini tentang Mengatasi Motor Injeksi Yang Mogok.

Oke sampai disini dulu postingan penulis kali ini. Tetap jaga kesehatan Roda Dua Anda. :D
Salam Penulis.

Jangan lupa cek artikel penulis yang lainnya seputar roda dua :

Merawat Busi Motor Agar Awet dan Pembakaran Sempurna
Cara Meningkatkan Kecepatan Honda Beat Tanpa Tune Up
Mengatasi Busi Motor Yang Gosong
Perbedaan, Keunggulan, Kelemahan DOHC dan SOHC
Perawatan Motor Injeksi

0 Response to "Motor Matic Anda Mogok? Ini Penyebab Dan Solusinya"